Tuesday 24 February 2015

My Selachophobia

gue pun baru tau kalo namanya adalah selachophobia.
merupakan salah satu nama dari banyaknya jenis phobia.

dulu waktu kecil jaman2nya anak bau kencur yang masi sok tau, temen2 main gue sering nanya
"Dian, kamu phobia-nya apa?"
gue pun yakin mereka sendiri belom paham betul arti dari phobia. mungkin tau sekedarnya apa.
dan yang jawaban yang paling sering gue temui dari mereka adalah ketinggian.
gue diem, ngga tau mau jawab apa.
bukan berarti gue ngga tau, gue tau tapi ngga tau namanya apa. 
bingung kan lo? haha.

waktu kecil setiap pulang kantor papi suka bawain gue dvd2 tentang berbagai jenis hewan, bagaimana mereka lahir, hidup, dan mencari mangsa. 
dan jenis hewannya pun berbeda, ada hewan peliharaan, unggas, serangga, sampe binatang buas.
ngga heran sekarang gue suka banget sama binatang dan pengen punya mini Zoo.
jelas sekali gue sangat enjoy nonton dvd2 itu dan walaupun sebenernya dalam hati terdalam gue takut banget sama part binatang buas. 
kalo liat singa nerkam zebra, kasian banget sama zebranya :( 
dan yang paling gue takutin adalah ikan Hiu. 
setiap inchi gerakannya saat menerkam mangsanya dengan ratusan gigi kecilnya, belum lagi ditengah2 laut yang terlihat jelas dari tv berwarna biru tua kehitaman.
ngeri banget. sumpah.
beberapa kali sempet diajak jalan2 ke taman safari dan seaworld waktu kecil sama papi buat ngeliat secara langsung jenis2 binatang yang dia tunjukin di dvd itu.
disaat gue liat wujud asli hiu itu gue semakin takut, karena disitu gue sadar bahwa jenis mereka bener ada, bukan cuma imajinasi gue.

ditambah lagi, selain dvd2 tentang kehidupan hewan, papi juga suka bawain film2 barat tp ngga jauh2 tentang binatang. 
sampe saat ini gue masih suka banget sama film Beethoven 2.



dimana anjing pemeran utama itu diem2 pacaran dan tb2 punya 4 anak anjing yang super cute.
tapi gue sama sekali ngga suka sama film binatang yang bisa ngomong.
sama sekali ngga lucu. dan ngga make sense --'

tapi, sampe saat ini gue juga benci sama satu film yang menumbuhkan Selachophobia di otak gue bahkan sampe detik ini.
nama filmnya Deep Blue Sea.




















gue juga ngga paham kenapa papi kasi gue film itu.
ngga lucu sama sekali. phobia iya.
film itu menceritakan tentang sekelompok ahli hiu yang mencoba meneliti salah satu hiu dan malah menyebabkan hiu itu marah besar dan memangsa seluruh isi kapal tersebut.
hiiii, nulis gini aja gue merinding kalo keinget film itu lagi.

dan semenjak nonton film itu gue jadi mengidap Selachophobia.
waktu kecil karena ngga tau namanya gue bilangnya phobia ikan hiu.
setiap gue lagi berenang, gue suka tiba2 berenang cepet mencari tepian sampe kaki keram karena kebayang ada ikan hiu dibelakang lagi ngejar dan mau makan gue. 
padahal itu di kolam renang -______-"
dan disaat gue mandi dan mau mengguyur kepala gue, gue ngga bisa merem,
sebisa mungkin air tersebut jangan sampe ngenain mata gue dan membuat mata gue merem.
karena disaat mata gue merem dalam keadaan lagi diguyur, bayangan hiu itu muncul lagi.
ngga lebay, beneran terjadi seperti itu :(

sayangnya gue suka banget berenang.
bisa dibilang renang adalah satu2nya olahraga yang gue suka.
dan phobia ini bener bener ngeganggu :( 
cara sepele gue buat ngatasinnya adalah, disaat gue berenang gue ngga bisa sendiri atau didepan.
harus ada temen2 gue dan mereka didepan gue, supaya gue ngerasa ini bener2 dikolam renang yg ga ada hiu dengan gue melihat kaki2 mereka :")

dan semalem hal tersebut kejadian lagi.
gue mimpi dikejar2 hiu ditengah laut.
gue kebangun subuh2 dengan jantung berdetak sangat cepat ngga seperti biasanya.
dan susah buat lanjut tidur.

sempet kepikiran apa gue gila, ini kejadian di orang lain, atau cuman gue doang.
aneh banget hal yang sepele yang mustahil kaya gitu kenapa bisa bener2 menghantui hidup gue.
akhirnya tadi pagi karena kerjaan lagi ngga padet2 banget, gue cari tau tentang phobia ini.
dan ternyata, ada!
ada jenis phobia ini. namanya Selachophobia.
jenis phobia yang takut pada hiu.
dan setelah baca komen2 dari artikelnya ternyata ada juga beberapa orang yang mengidap phobia ini.
puji Tuhan gue masih waras lah :")

No comments:

Post a Comment